makan khas semarang

Makanan Khas Semarang

Tidak lengkap rasanya bila berwisata ke Jawa Tengah tanpa mampir ke Kota Semarang. Kota yang diberi julukan Venetie van Java (Venesia di Pulau Jawa) ini tidak hanya menawarkan keragaman destinasi wisata yang menarik, tapi juga makanan khas yang akan membuatmu gagal diet. Tidak heran jika pada tahun 2015, Semarang dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner unggulan oleh Kementrian Pariwisata.
Berbagai macam makanan olahan ayam, sapi, dan ikan dengan cita rasa yang khas dapat dengan mudah kamu temui setiap sudut kota Semarang. Beberapa diantaranya merupakan kuliner legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1940an. Penasaran dengan makanan khas apa saja yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Semarang? Berikut ini daftarnya!

1. Olahan Babat yang Lezat – Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso




Image credit: @rezataruki

Babat merupakan salah satu bagian dari jeroan sapi yang dijadikan banyak olahan makanan di Indonesia, salah satunya adalah nasi goreng babat dan babat gongso khas Semarang ini.

2. Kuliner Ayam Kampung Maknyus  – Nasi Ayam




Image credit: @makandoang

Jika di Jogja ada nasi gudeg, di Solo ada nasi liwet maka di Semarang ada nasi ayam. Nasi dengan kuah kuning opor ini dilengkapi sayur labu yang manis, suwiran ayam kampung serta telur, tahu dan krecek berbumbu khas. Kamu pun bisa memilih tambahan lauk seperti sate telur, sate usus, dan bagian lain dari ayam seperti dada, paha dan sayap. Bumbu santan dan rempahnya membuat nasi ayam ini menjadi gurih dan tak terelakkan kelezatannya.

3. Gurihnya Kuliner Bumbu Petis – Tahu Gimbal




Image credit: @sbykulinerinfo

Mengingat posisi Semarang yang terletak di pesisir utara Jawa, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan berbumbu petis seperti di Surabaya, Lamongan dan Tuban. Di Semarang, makanan dengan bumbu petis yang terkenal adalah tahu gimbal.
Tahu gimbal berisi potongan lontong, bakwan udang (gimbal), irisan kol dan tauge yang disiram dengan saus kacang berbumbu petis. Rasanya merupakan perpaduan antara manis, gurih dan asin yang nikmat. 

4. Nikmatnya Hidangan Olahan Burung – Burung Belibis




Image credit: @gusnugdanadhyaksa

Olahan bebek dan ayam goreng sudah menjadi hal yang lumrah ditemui di wisata kuliner kota-kota di Indonesia. Namun pernahkah kamu mendengan tentang hidangan olahan burung? Di Warung Pak No ini kamu bisa menemukan berbagai macam olahan burung, salah satunya adalah burung belibis.
Secara tekstur tidak jauh beda dengan ayam, namun lebih empuk karena dimasak dengan api kecil dalam waktu yang lama. Bumbunya pun bervariasi dapat dipilih sesuai selera yang kamu inginkan.

5. Kuliner Kuah Sedap dan Segar – Nasi Pindang




Image credit: @merginaoctavia

Pindang di beberapa daerah merupakan nama sejenis ikan. Berbeda dengan di Semarang, nasi pindang merupakan olahan daging sapi yang dikombinasikan dengan kuah rempah kluwek dan daun melinjo. Secara penampilan, nasi pindang hampir mirip seperti rawon di Jawa Timur, namun tidak terlalu pekat dan lebih terasa segar.

6. Kuliner Olahan Kambing Istimewa – Sate Buntel dan Pepes Opor




Image credit: @claraalverin

Para pecinta kambing wajib mampir ke rumah makan olahan kambing yang sudah berdiri sejak tahun 1945 Sate dan Gule Kambing 29. Banyak menu variatif yang ditawarkan oleh rumah makan spesialis kambing ini, seperti sate buntel dan pepes olor. Sate buntel merupakan sajian daging kambing cacah berbumbu yang dibalut dengan gajih tipis lalu dibakar layaknya sate. Kalau dibayangkan saja sudah bikin ngiler ya. Sedangkan pepes olor terbuat dari sumsum tulang belakang (olor) yang dimasak layaknya pepes. Lezat dan tentunya lebih sehat.

7. Berburu Kuliner Hangat – Wedang Tahu




Image credit: @wennyhendarto

Kuliner unik ini sangat pas untuk kamu yang sedang berburu minuman hangat dan menyegarkan. Wedang tahu terbuat dari campuran gula jawa, jahe dan kembang tahu yang berasal dari sari kedelai. Rasa dari wedang tahu ini cenderung manis dan bersifat menghangatkan.
Selain itu, wedang tahu dipercaya bermanfaat untuk kesehatan seperti melancarkan ASI, menurunkan tekanan darah tinggi, memperbaiki metabolisme, dan menurunkan kolesterol serta tidak bikin kantong bolong karena harganya sangat terjangkau! Cus langsung menuju Wedang Tahu Pak Pardi untuk menikmatinya.

8. Sedapnya Makanan Khas Semarang – Nasi Gandul




Image credit: @rio.nald

Meski sejatinya kuliner ini berasal dari kota Pati, tetapi rasanya yang luar biasa telah membuat hidangan nasi gandul menyebar ke kota-kota lain termasuk Semarang. Secara penampilan, nasi gandul ini mirip dengan nasi yang diberi kuah gulai sapi. Namun dengan rasa yang berbeda.
Kuah gulai yang disebut kuah gandul ini disiramkan ke nasi panas dan disajikan dengan lauk pilihan yang disediakan seperti babat, ati, paru dan lidah. Rasakan sendiri perbedaannya di rumah makan Nasi Gandul Pak Memed kala berkunjung ke Semarang.

9. Menikmati Kuliner Pedas Semarang – Mangut Welut




Image credit: @yanda1

Belut merupakan hewan air tawar yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Selain itu, belut juga terkenal dengan rasanya yang gurih apalagi jika digoreng sampai kering. Mangut ikan air tawar mungkin sudah sering kita jumpai, namun mangut welut menjadi makanan khas semarang tidak bisa kita jumpai di sembarang tempat.
WM Welut Bu Nasimah ini telah menghadirkan menu mangut welut sejak tahun 1985 dan menjadi primadona tersendiri bagi pelangganya. Rasa gurih belut dipadu dengan kuah mangut yang segar dan pedas menciptakan kombinasi kuliner yang unik dan pasti membuatmu ketagihan.

Komentar